background

Rabu, 26 Juni 2013

Apa iya benar??


Gara2 sakit sampai tepar, napas aja ngak ngik-sesak akhirnya gak masuk kerja, Alhamdulillah Laserin nya ngebantu bgt dan aman buat ibu menyusui #bukan iklan berbayar lho ya.
Kemarin seharian di rumah sama anak karena ijin sakit. Untung Si bos baik hati ijin lewat BBM # jangan ditiru ya tidak sopan :) langsung di oke in di suruh istirohat. Dirumah kegiatan leyeh2, nguyel2 Gembleb ku, nyusuin, kasih maem, mandiin, puas walopun napas ngos2an. memang beda kok anak itu pelipur lara orang tua maw sakit kayak apa kalo lihat anak langsung syembuh!! gak kethung malamnya batuk grak grok lagi#hadeh. Itu seputar kegiatan libur kemarin. Saya sebenernya pengen cerita tentang tetangga Saya yang meninggal.
Ceritanya pas dikantor kemarin dapat sms kabar duka dari tetangga yang udah sepuh sekali, kita biasa panggil Mbah Guru.

Ya sudah begitu pulang kantor  di niatin maw sekalian layat. Waktu masuk depan gang udah ramai orang tapi belum ada tenda cuma bendera hitam aja yg udah di pasang, akhirnya kita pulang dulu ke rumah. Istirahat bentar terus kedepan rumah setor muka ngobrol2 sama tetangga ternyata lg pada nunggu jenasah dari jogja. ditungguin sampe isya belum juga dateng akhir nya balik kerumah. Simbah yang pulang paling akhir bilang ternyata jenasah sampe rumah duka jam 11an malam. Ya weslah kita tidur # tp ttp gak bisa bobok orang batuknya ngeri bgt. Pagi2 habis subuhan Simbah ku udah stanby di arena perkuburan buat bikin lubang kubur. Tetangga udah pada ramai ke rumah duka, si mama juga ikut, pas saya maw ngintil mama bilang gak boleh kasian Gembleb. Lihat dari depan rumah, jenasah waktu maw dimakamkan kok sepi bgt gak ada bunga di tebar2, suara Laa Ilaha Illal-llah juga pelan bgt, pas sampai kuburan juga gak ada apa2 langsung dikubur gak ada di talqin langsung ditutup gt aja kuburannya. Jam 12 siang sebelum zuhur udah pada selesai sodara, cucu Mbah Guru yg meninggal pada maem dirumah. Pas semua udah pada pulang Simbah saya crita kalo jenasah memang gak boleh dibacakan apapun sama anak dan menantunya, juga disana gak di sediakan kotak yg sebagaimana biasanya adat di kampung saya, malam nya juga gak ada tahlilan. kami sekeluarga menyanyangkan hal tersebut karena Mbah Guru orang yang baik# al-Fatihah buat Mbah Guru. Sewaktu Kinan lahir Mbah Guru yg gebrak tempat tidur biar Kinan gak kagetan. Mbah Guru mungkin maw di makamkan di kampung kami karena taw anaknya akan seperti itu tapi ternyata tetap dimakamkan tanpa prosesi apa pun. malah yg akan mengadakan tahlilan adalah tetangga sebelah rumah Mbah Guru.
Terlepas dari segala atribut sah atau tidak, musrik atau tidak# wong saya juga gak ngerti2 amat. tapi sebaiknya sebagai anak kita seharusnya dapat memberikan yang terbaik bagi orang tua kita saat mereka masih hidup maupun sudah meninggal.
Kejadian ini menjadi topik pembicaraan saya dan mama menjelang tidur. Mama sampai mengalir air mata nya waktu mengingatkan saya bila mama meninggal nanti mama minta supaya dikuburkan dengan cara yang sudah biasa dan di tahlilkan sebagai mana bisanya. Saya hanya mengangguk menahan air mata karna membayangkan bila saat itu datang, apa saya sanggup dan siap untuk kehilangan orang tua untuk kedua kalinya. Percakapan malam itu ditutup dengan tidak saling bicara dan saling membelakangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar