background

Rabu, 27 Mei 2015

Proses Kelahiran Kedua

Pukul Setengah 9 malam Kami sampai di RB Rahayu. Saya memang tidak maw lahiran di rumah sakit tetapi memilih di RB ditolong oleh bidan kerana merasa lebih nyaman.  Ditempat ini dulu Kinanthi dilahirkan. Begitu datang Saya langsung disuruh ganti baju hijau dan langsung tiduran di ruang tindakan. Saya sih pengennya nunggu di kamar rawat aja tapi nggak boleh karena harus langsung periksa. Di ruang tindakan cek dalam di korek lagi lendirnya sudah pembukaan 3 dan di beri pil Saya rasa ini dalah pil induksi. Habis minum itu mulesnya bertambah soalnya. Saya ceritanya santai karena memang pertama saya masih bisa mengikuti irama kontraksinya dan Saya sudah pasrah tentang apapun yang akan terjadi.

Oiya selama menunggu itu Saya di ambil darah di tangan sama di tujes juga itu telinga buat taw darah beku memerlukan waktu berapa lama. Pas diinfus yang mana ganti sampai 3 tempat katanya darahnya gak ngalir. Tobat itu suster Saya marahi. " Sus, kok di tujes tujes terus kalo gak yakin bidan senior nya aja yang disuruh nyuntik" hahaha orang maw melahirkan tempramen jadi tinggi. Infus sudah di pasang.
Perut semakin mules maw jongkok berdiri nggak dibolehin, maksud Saya biar lebih cepet gitu. Yawes tiduran miring ke kiri terus. saya mulai merasa nggak nyaman diruang tindakan itu kasurnya kayak papan jadi nggak enak. Di cek lagi masih di bukaan 7. Terakhir Saya ingat infusnya di tambah suntikan dan perut serasa kontraksi heibat. Masih gak boleh ngeden. Saya ngamuk itu mules sudah sampe ubun2. Saya bilang " Bu, terserah boleh apa nggak pokoknya Saya maw ngeden aja" Bidannya bilang " Jangan Mbak ini kurang dikit lagi" ditungguin 10 menit gak buka lagi. Akhirnya Saya nekat ngeden ternyata memang bermasalah kepala bayi nggak bisa turun karena ari2 pendek. 
Pas ngeden Saya salah pula sampai di tengah proses Saya bilang, maap maap Buk Saya lupa. hehehe
Suami dan Mama nungguin di dalam. Suami sendawa seenak jidatnya di depan Saya langsung saya omel2 pokoknya sensitif banget, wkwkwkw... maap ya Pap.
Waktu kepala bayi udah keliatan Saya ngeden sekuat2nya kepala bayi akhirnya nampak tapi begitu maw diputar hampir masuk lagi akhirnya tangan bidan kata Suami masuk ke dalam buat nahan. Keadaan terlihat tegang dan mengkhawatirkan semua. Saya tau itu dari wajah Suami dan Bidan serta mama saya yang menangis.
Saya sebenarnya sudah hampir menyerah tapi bayangan Kinan yang menunggu di kamar lain menguatkan hati Saya. 
Bayi ditarik keluar gak bisa karena bahu besar dan keras tapi dipaksakan keluar oleh bidan. Tanpa pengguntingan jadi bayi itu keluar. Ternyata perkiraan bb bayi meleset bayi Saya besar 3,5kg dengan panjang 49cm. 
Alhamdulilah proses melahirkan selesai suami mengadzani sambil Saya IMD. Mulai di suntik paha kiri dan kanan, kemudian  Miss V juga di suntik. Ada kejadian obat biusnya kebuang separo oleh perawat magang jadi yang separo merasakan jahitan yang luar biasaa nikmatnya. Ada kejadian ditengah2 masih merasakan jarum patah karena terlalu banyak jahitan. Robekan yang terjadi akibat melahirkan sangat tidak beraturan karena tidak ada pengguntingan. Robekan itu bahkan sampai belakang.
Setelah semua selesai waktunya pindah ke ruang perawatan dengan santainya bidan bilang maw pake gledekan atau kursi, kalo pake kursi cepet pulihnya. ya sudah milih kursi padahal itu jahitan masih panas sedap sekali pokoknya. Kaki Saya sebelah kiri juga mati rasa seperti lumpuh karena ditindih bidan waktu melahirkan. 
Pagi harinya di paksa bangun untuk jalan ke kamar mandi buat mandi pagi sendiri. Aktivitas duduk, jalan, berdiri. Nggak ada manja manjaan. Kalo ditanya rasanya ya pasti nikmattt banget, saking sakitnya. Sampai udah 3 bulan ini pun kalo jongkok kelamaan masih sering ngilu jahitannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar